Sabtu, 19 Juni 2010



WISATA ALAM
WADUK MALAHAYU

















TEMA : MENGEMBANGKAN PARIWISATA DAERAH





DENAH LOKASI WADUK MALAHAYU


















PANORAMA MALAHAYU NAN EKSOTIS

By : Rizki Tri Yuniarti


Malahayu merupakan sebuah objek wisata berupa waduk yang berada di desa Malahayu Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes . Waduk Malahayu bukan hanya sebuah objek wisata biasa yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes yang menyajikan waduk saja sebagai daya tariknya, tetapi juga menyajikan keindahan alam yang eksotis. Panorama keindahan alam tersebut merupakan sebuah bukti nyata bahwa alam memang tidak pernah lelah untuk membagi berkahnya pada seluruh makhluk-Nya.

Waduk Malahayu menyimpan potensi yang besar untuk dijadikan sebuah alternatif atau pilihan yang tepat bagi keluarga untuk berwisata karena waduk tersebut tidak kalah bagusnya dibandingkan objek wisata lain yang ada di Indonesia. Mengapa bisa dikatakan Waduk Malahayu sebagai pilihan yang tepat sebagai alternatif wisata bagi keluarga? Hal ini dikarenakan Waduk Malahayu merupakan objek wisata yang menyuguhkan hamparan perairan waduk yang sangat luas dengan beberapa pulau kecil yang ditanami pohon-pohon yang rindang ditengah waduk, kemudian bukit-bukit yang rindang pula dipinggir waduk , serta daya tarik pintu air yang menyemburkan ledakan-ledakan air yang merupakan sarana pengairan sawah di daerah Kabupaten Brebes dan sekitarnya, dan juga beberapa fasilitas lainnya. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain: taman bermain, sepeda air, perahu, toilet , toko souvenir , dan warung-warung makanan serta minuman yang berada di sekitar kawasan waduk.
Pada saat kita berada di kawasan Waduk Malahayu , kita tidak hanya disuguhkan keindahan alamnya saja, tetapi kita juga dapat menyaksikan secara langsung aktivitas warga masyarakat sekitar yang bekarja sebagai nelayan dan pengumpul kayu bakar. Dapat dipastikan para wisatawan yang berkunjung ke Waduk Malahayu dapat merasakan kenyamanan, keasrian, dan kedamaian yang membuat pikiran kita fresh dan rileks. Oleh karena itu, ayo jangan ragu-ragu untuk segera berkunjung menikmati secara langsung wujud kebesaran Illahi pada Waduk Malahayu ! Dijamin kalian semua ga akan kecewa dech…….!!!!






WADUK MALAHAYU





BAK MUTIARA DALAM LUMPUR”

Hasil Editan Tulisan Karya : Guruh Sigit Pamungkas


Waduk Malahayu terletak di desa Malahayu Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes Jawa Tengah , kira-kira luasnya 944 hektar. Waduk Malahayu merupakan waduk yang indah , sejuk, dan luas tapi sayangnya masih sedikit asing ditelinga masyarakat luas. Waduk ini selain berfungsi sebagai objek wisata juga difungsikan sebagai sarana irigasi pertanian didaerah Kabupaten Brebes dan sekitarnya , serta sebagai sarana para nelayan sekitar masyarakat Malahayu untuk mencari ikan ,dan juga berfungsi penting sebagai panampung air ketika banjir.
Yang tidak kalah menariknya lagi dari objek wisata waduk Malahayu ini yakni adanya mitos yang berkemnamg hingga sekaarang pada masyarakat sekitar. Yakni mitos bagi para pengantin baru yang apabila membasuh muka dengan air di waduk ini maka dipercaya rumah tangganya akan langgeng.
Letak waduk Malahayu yang berbatasan dengan Propinsi jawa Barat mempengaruhi budaya dan bahasa masyarakat sekitar malahayu. Pengaruh tersebut tampak pada bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari masyarakat sekitar Malahayu menggunakan bahasa Sunda Campuran Jawa atau biasa disebut Sunda kasar.
Kawasan Waduk Malahayu juga memiliki cirri khas makanan antara lain: mujair goreng dan opak yang dapat dijumpai disetiap warung lesehan disebelah timur Waduk Malahayu. Yang tentunya dapat menggugah selera makan kalian semua….!!!! Hmm …….
Bagi kalian yang suka berwisata air , ayo segera kunjungi objek wisata waduk Malahayu …!!!! Hanya dengan merogoh kocek tiga ribu rupiah kalian sudah bisa berwisata air sepuasnya ….!!! Ayo buruan ….!!! Aja unggrag-unggrug ,,buruan nikmati langsung pesonanya…!!!!





Pesan dan Kesan :
Menulis blog memberikan kesan dan berbagai manfaat tersendiri bagi saya yakni dengan menulis blog kita dapat melatih ketrampilan menulis dalam menuangkan idea tau informasi yang kita miliki untuk dapat dibagi pada masyarakat luas khususnya bagi komunitas blogger diseluruh Indonesia dan seluruh dunia. Serta dapat dijadikan ajang bagi blogger untuk menuangkan kreativitasnya. Sedangkan pesan yang ingin saya sampaikan bagi seluruh blogger yakni jadilah blogger yang bijaksana dengan menggunakan semua keunggulan dan fitur dari blog untuk ajang kreasi yang positif.





TTL : TEGAL, 22 JUNI 1989


Alamat : Jl. Sadewa no. 6 RT 6, Slerok, Kec. Tegal Timur, Tegal

3 komentar:

  1. fotonya persis foto keluargaaaaa.....
    kok tidak ada kesan santai yaaaa... hahahahaaaa..
    tapi bagus!
    untuk perbaikan nantinya harap dibedakan antara feature dan artikel, sebab bedanya tipis sekali.
    apa alasannya hayoooo????
    jawab yaaaa

    BalasHapus
  2. feature dan fitur apa bedanya, hayoooo lhooo?????
    oh ya, judulnya bagus plus menarik...!
    semoga dapat saya "pemerkan" juga ke khalayak akademika lintas universitas...!

    BalasHapus
  3. perbedaan faetur dan fitur,,, klo yang jelas ya tulisannya beda,,iya kan hehehehehehehe..
    Feature berbeda dengan berita biasa atau artikel. Di dalam penulisan feature faktor manusiawi lebih menonjol dibandingkan berita yang sifatnya lugas. Berita yang sudah terlambat tetapi layak diangkat lagi, misalnya tingkat pembunuhan di Jakarta, bisa menjadi feature menarik akhir pekan misalnya berdasarkan sedikit riset.,,,
    bahasa yang digunakan dala tulisan featur lebih terkesan santai,,,
    tu cieh menurut pendapat saya bu,,,hehehehe,, klo salah ya "maaf" kan masih belajar hehehehehe...
    kalo judulnya udah bagus brarti nilai ku juga bagus dunkz bu,,,hehehehehe,,,

    BalasHapus