Sabtu, 19 Juni 2010

Ciri Khas Oleh-oleh dari Malahayu

CIRI KHAS OLEH-OLEH DARI MALAHAYU

Brebes merupakan sebagian dari kabupaten tegal di Jawa Tengah. Tepatnya di daerah tanjung. Disana masih terdapat area persawahan dan perbukitan dan tak ketinggalan lagi disana juga ada terdapat waduk. Waduk itu dinamakan waduk malahayu. Disana kita bisa mengunjungi objek wisata waduk ke Malahayu tersebut. Waduk Malahayu yaitu tempat yang paling asyik dan paling indah untuk kita kunjungi. Waduk Malahayu merupakan objek wisata sebuah danau yang dikelilingi dengan perbukitan.

Ciri khas dari Waduk Malahayu adalah dengan batik salemnya dan keramik Malahayu. Kita bisa membeli cindramata khas Malahayu yaitu membeli batik salemnya yang cantik akan corak dan warna-warnanya yang natural dan sepadan, sedangkan untuk keramiknya yang unik-unik untuk hiasan rumah kita. Sedangkan untuk cirri khas makanannya di Malahayu yaitu mujair goreng dan jajanan enak rujak belut, opak , dan tape ketan. Mujair goreng adalah hidangan istimewa di lokasi wisata ini. Beberapa warung makan yang mendirikan bangunan di timur waduk menyediakan ikan mujair goreng dengan harga murah. Kita juga disana bisa menikmati makanan opak sambil melihat waduk dan perbukitannya dan kita bisa juga membeli opak yang masih mentah alias belum digoreng untuk dibawa oleh-oleh orang di rumah.

Kondisi alam di daerah ini adalah pegunungan jadi mereka memiliki iklim bercocok taman padi Tadah Hujan yang dilakukan satu tahun sekali, sementara setelah itu biasanya dilanjutkan dengan menanam jagung, Bawang Merah, kacang Hijau dan Kedelai. Pegunungan di daerah ini ditumbungi dengan pohon Jati, sehingga pada saat kemarau udara panas lumayan terasa.


By : Inda Rochmatika / PBSID / VI / 2010



Hasil editan Rizki Tri. Y

PANORAMA MALAHAYU NAN EKSOTIS

Waduk Malahayu terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes , Jawa Tengah, ± 6 km dari Banjarharjo atau 17 km dari Tanjung. Luas kawasan ini sekitar 944 hektare dan dibangun pada tahun 1930 oleh Kolonial Belanda.Waduk Malahayu bukan hanya sebuah objek wisata biasa yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Brebes yang menyajikan waduk saja sebagai daya tariknya, tetapi juga menyajikan keindahan alam yang eksotis. Panorama keindahan alam tersebut merupakan sebuah bukti nyata bahwa alam memang tidak pernah lelah untuk membagi berkahnya pada seluruh makhluk-Nya.

Waduk Malahayu menyimpan potensi yang besar untuk dijadikan sebuah alternatif atau pilihan yang tepat bagi keluarga untuk berwisata karena waduk tersebut tidak kalah bagusnya dibandingkan objek wisata lain yang ada di Indonesia. Mengapa bisa dikatakan Waduk Malahayu sebagai pilihan yang tepat sebagai alternatif wisata bagi keluarga? Hal ini dikarenakan Waduk Malahayu merupakan objek wisata yang menyajikan hamparan perairan waduk yang sangat luas dengan beberapa pulau kecil yang ditanami pohon-pohon yang rindang ditengah waduk, kemudian bukit-bukit yang rindang dipinggir waduk , serta daya tarik pintu air yang menyemburkan semburan-semburan air yang merupakan sarana pengairan sawah di daerah Kabupaten Brebes dan sekitarnya, dan ada juga beberapa fasilitas lainnya. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain: taman bermain, sepeda air, perahu, toilet , toko souvenir , dan warung-warung makanan serta minuman yang berada di sekitar kawasan waduk.

Berada di kawasan Waduk Malahayu , kita tidak hanya disajikan keindahan alamnya saja, tetapi kita juga dapat menyaksikan secara langsung aktivitas warga masyarakat sekitar yang bekarja sebagai nelayan dan pengumpul kayu bakar. Dapat dipastikan para wisatawan yang berkunjung ke Waduk Malahayu dapat merasakan kenyamanan, keasrian, keindahan , dan kedamaian yang membuat pikiran kita fresh dan rileks. Waduk Malahayu bisa dijadikan sebagai obat stresss lho...!!! Makanya, ayo buruan nikmati langsung keidahan alam waduk Malahayu...Dijamin ga nyesel dech....!!!


Kesan dan Pesan

Seni Jurnalistik Sastra sangat menyenangkan dan mengasyikan. kita dapat berbicara semua melalui blog. untuk itu mari kita promosikan obyek wisata disekitar kita untuk menarik wisatawan.

By : Inda Cute..








Tidak ada komentar:

Posting Komentar